Inspiration : “Think Out of The Box”


Seperti apa sih “berpikir kreatif” atau “berpikir lain dari biasanya” atau bahasa kerennya: “think out of the box” itu? Daripada saya menjelaskan panjang lebar, saya rasa Anda akan lebih paham dan lebih ingat jika saya menyajikannya dalam bentuk sebuah permainan.

Permainannya sederhana saja. Perhatikan gambar sembilan buah titik di bawah ini.

Tugasmu adalah membuat kesembilan titik di atas terlewati oleh LIMA buah garis lurus yang bersambungan (tidak terputus).

Wah, ini sih mudah sekali… Dengan cara berpikir biasa pun, kita sudah bisa dapat jawabannya. Jawabannya seperti gambar di bawah ini.

Kurang menantang? Kalau permainan di atas kurang menantang, saya akan berikan yang lebih menantang. Sekarang, coba lewati kesembilan titik tersebut dengan EMPAT buah garis lurus yang bersambungan (tidak terputus).

Sekarang, pemikiran kreatif atau “think out of the box” sudah mulai diperlukan. Saya berikan hint: cobalah fokus kerjakan apa yang diminta, jangan biarkan pikiranmu dikekang oleh asumsi-asumsi yang kamu buat sendiri.

Sudah dapatkan jawabannya? Jawabannya adalah sebagai berikut.

Untuk menemukan jawaban ini, kamu harus “think out of the box”. Tidak ada aturan bahwa garis-garis tersebut harus ada dalam area kesembilan titik tersebut, jadi janganlah membuat asumsi sendiri. Ketika kita melepaskan asumsi tidak berdasar tersebut, kita akan dapat melihat jawaban yang tidak terlihat sebelumnya.

Mungkin beberapa dari Anda sudah sering melihat permainan di atas. Tapi, sekarang saya akan memberikan Anda kejutan ekstra. Saya ingin mengajak Anda semua untuk berpikir dengan lebih kreatif lagi, untuk tidak sekedar “think out of the box”, tapi “think out of the room”. Berikut adalah tantangan saya untuk Anda.

Cobalah lewati kesembilan titik tersebut dengan TIGA buah garis lurus yang bersambungan (tidak terputus).

Kalau Anda sudah berhasil, saya bahkan akan menantang Anda untuk melewati kesembilan titik tersebut dengan SATU buah garis lurus!

Apakah tantangan ini mungkin untuk dipecahkan? Ya, kalau Anda bisa menghilangkan asumsi-asumsi yang tidak relevan dan membatasi Anda, Anda akan dapat melihat solusinya dengan mudah.

Rangkuman:

Kita harus membebaskan diri kita dari asumsi-asumsi yang tidak relevan yang membatasi pikiran kita, dan kita akan temukan solusi-solusi dari masalah yang tidak pernah kita pikirkan sebelumnya.

Don’t stop by just thinking out of the box! Try to think out of the room… :D

Berikut ini adalah cara melewati sembilan titik denganTIGA buah garis lurus yang bersambungan.

Kebanyakan orang menambahkan asumsinya sendiri, bahwa garis yang dibuat harus melewati TENGAH titik-titik tersebut. Padahal, yang diminta hanyalah melewati titik, entah di tengah atau di pinggir. Ketika kita melepaskan asumsi tersebut, solusi di atas akan dapat ditemukan dengan mudah.

Nah, sekarang, bagaimana caranya kita melewati kesembilan titik tersebut hanya dengan SATU garis lurus? Sekali lagi, tidak ada aturan yang mengatur tebal garis bukan? Sekarang coba Anda bayangkan Anda mempunyai sebuah kuas yang besar, dan menyapu kesembilan titik tersebut sekaligus dengan satu garis lurus yang dibuat oleh kuas itu. Hasilnya kurang lebih seperti gambar berikut.

Masih berpikir tantangan saya tidak mungkin diselesaikan? Ternyata, ketika kita mengubah pola pikir kita dan membuang asumsi-asumsi yang tidak relevan yang membatasi kita, kita akan dapat melihat solusi yang dahulu kita tak dapat melihatnya.

Happy thinking out. Be creative! :D

sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s